Kala Stres Melanda

2 Jun

http://www.emocutez.com
Setiap orang gak akan terhindar dari rasa bosen,stres,,,Dan masalah dalam kehidupan selalu terjadi dan dapat menambah beban pikiran dalam hidup. Bila kita tidak menyikapi masalah dengan baik dapat memperberat aktivitas kita sehari hari. Stress menurut Hans Selye seorang ahli fisiologi dari Universitas Montreal merumuskan bahwa stress adalah tanggapan tubuh yang sifatnya nonspesifik terhadap tuntutan atasnya.

Kegelisahan adalah pangkal dari stress, menurut Hans Selye: Stress may also be defined as “the sum of physical and mental responses to an unacceptable disparity between real or imagined personal experience and personal expectations“. Stress juga dapat diartikan sebagai sejumlah respon fisik dan mental yang tidak diharapkan karena ketidakseimbangan antara yang terjadi atau yang di angankan dengan yang diharapkan” Gejala fisik yang terjadi dapat akut atau kronik.

Mendengarkan musik favorit
Majalah Natural Health menulis bahwa penelitian yang dilakukan University of Maryland School of Medicine tahun 2008 mengungkapkan bahwa mendengarkan musik favorit anda selama 30 menit dapat membantu melepas endorphin untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi stres yang dinyatakan dapat membebani sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Dengan mendengarkan musik dengan berbaring akan merelaksasikan pikiran dan badan karena pelepasan endorphin dalam tubuh.

Berendam dengan air hangat
Berendam dengan air hangat dapat membantu untuk merelaksasi tubuh dari kepenatan. Dengan ditambah minyak essensial atau aromaterapi dapat membantu tubuh untuk berelaksasi dan mengurangi tingkat stress😀
Menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.

Hitung Mundur
Seperti aktivitas counting sheep yang dilakukan seseorang yang mengalami sulit tidur. Hitungan mundur bisa dilakukan untuk mengalihkan pikiran dari hal-hal yang membuat Anda panik.

Kudapan pereda stres
Makan jeruk
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk sebelum menghadapi situasi menegangkan, memiliki kadar tekanan darah lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengonsumsi vitamin C.
Mengemil cokelat
Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego School of Medicine, Beatrice Golomb, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga depresi, mengaku makan cokelat saat suasana hati mereka drop. Ternyata, cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat membuat pemakan cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya dapat memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa digunakan sebagai obat anti-depresi.
Ayo,langsung direalisasiin,mudah2an bermanfaat….Amiiiin…Al-Fatihah,,,
http://www.emocutez.com

2 Tanggapan to “Kala Stres Melanda”

  1. Electrical Cyber Juni 3, 2011 pada 9:05 pm #

    boleh d coba ne…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: