Dimulai dari Mata

2 Jun

Animasi
Anime (アニメ) (baca: a-ni-me, bukan a-nim) adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga, komik khas Jepang.
Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me (アニメ) yang merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “Animation” dan diucapkan sebagai “Anime-shon”.
Anime pertama yang mencapai kepopuleran yang luas adalah Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. Sekarang anime sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan anime jaman dulu. Dengan grafik yang sudah berkembang sampai alur cerita yang lebih menarik dan seru. Masyarakat Jepang sangat antusias menonton anime. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Mereka menganggap, anime itu sebagai bagian dari kehidupan mereka.
Manga
Sejak tahun 1990-an komik Jepang atau yang biasa dikenal dengan sebutan manga masuk ke Indonesia. Judul-judul komik seperti Doraemon, Kungfu Boy, Akira mulai mendapat tempat. Serbuan manga juga dibarengi oleh penayangan film kartunnya di televisi swasta. Doraemon adalah film kartun Jepang pertama yang tayang di Indonesia. Doraemon pun mencatat prestasi yang mengagumkan. Waktu tayangnya pada hari Minggu jam 8 pagi tak pernah diusik-usik oleh stasiun penayangnya, RCTI sampai sekarang. Hal ini membuktikan bahwa Doraemon senantiasa disukai banyak orang bukan cuma anak-anak dan kontekstual dengan perkembangan zaman. Doraemon tercatat sebagai film kartun paling awet tayang di televisi yaitu lebih dari 18 tahun.

Saya nak mencoba-coba ngegambar anime dalam gaya manga, kata seorang pelukis ternama yang rendah hati dan tidak ingin disebutkan namanya, menggambar, melukis apapun dimulai dari membuat mata, selanjutnya akan mengalir sendiri, bagian yang lainnya akan mengikuti pola bagian mata yang telah ditentukan. Nah, sekarang saya lagi getol banget belajar ngebuat mata, dari dulu semenjak TK gambar acak kadut apapun mata yang digambar lebih ngaco lagi, manusia mata kucing atau kucing mata kelinci. *Jiaaah,,ancur bener..http://www.emocutez.com
Ini contoh sketsa mata yang lagi saya pelajari,,,

Susah-susah gampang ternyata..
http://www.emocutez.com

Satu Tanggapan to “Dimulai dari Mata”

  1. honeysweet April 17, 2012 pada 8:02 pm #

    Betuul…menggambar mata itu paling susah karena dalam mata tersimpan “rasa”…hmmm…
    Salam Kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: