Fakta Seputar Hewan Laut

14 Sep

Dunia laut adalah dunia yang penuh misteri, banyak hewan menakjubkan di dalamnya..

Beberapa hewan unik seperti di bawah ini..

Barakuda

Barakuda adalah ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal berwujud menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus. Ikan ini dapat ditemukan di samudera tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barakuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satunya genus dalam familia Sphyraenidae.

Fakta Menarik

Barakuda sering ditakuti karena dianggap penyerang manusia. Namun ada yang menduga bahwa penyerangan itu lebih dikarenakan barakuda tertarik pada benda2 asing yang memantulkan cahaya.

Paus Humpback

Paus Bungkuk (Megaptera novaeangliae) adalah paus balin, salah satu spesies rorqual terbesar, panjang paus bungkuk dewasa sebesar 12-16 meterdan memiliki berat 36.000 kilogram. Paus Bungkuk memiliki bentuk tubuh yang istimewa, dengan sirip dada panjang dan kepala menonjol. Hewan ini adalah hewan akrobatik, sering muncul di permukaan air. Jantan mengeluarkan lagu yang terdengar selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk beberapa jam pada satu waktu. Peran lagu ini belum diketahui, walaupun sepertinya memiliki peran dalam berpasangan.

Fakta menarik

Paus bungkuk diketahui bisa mengeluarkan suara. Suaranya sangat beragam. Diperkirakan suara ini digunakan untuk berkomunikasi dengan paus lain.

Dugong

Dugong termasuk dalam mamalia laut. Orang sering menyebutnya sapi laut. Hewan ini banyak ditemukan di perairan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berat dugong bisa mencapai 300 kg dengan panjang hingga 3 meter.  Hewan ini memiliki lapisan lemak yang sangat banyak di tubuhnya. Dugong hanya dapat menyelam beberapa menit di dalam air. Setelah itu ia harus kembali ke permukaan untuk mengambil oksigen.

Fakta menarik

Pandangan dugong sangat buruk, namun pendengarannya sangat tajam. Karena itu, Untuk mencari makanan, ia mengandalkan bagian2 sensitif di sekitar moncongny. *maaf, bahasanya..hehe…*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: