Tips Meredakan Marah

10 Sep

Aaaaaaarrrgggghhh…..!!!!!

Kalau sedang marah segala hal jadi serba salah. Bisa saja seseorang jadi melakukan hal yangberlebihan dan di luar kendalinya saat ia dalam keadaan marah.

Penyebab marah dibedakan menjadi dua hal, yaitu internal dan eksternal. Secara internal, marah bisa terjadi ketika menghadapi masalah-masalah pribadi, mengingat peristiwa yang sangat mengganggu pikiran, kekecewaan pada situasi lingkungan, kurang percaya diri, dsb. Sementara secara eksternal, marah bisa timbul karena menghadapi kepadatan lalulintas, mendapat ancaman, hak-hak pribadinya diperlakukan tidak adil,dsb.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan saat marah menguasai diri kita dan ini telah diuji cobakan kepada beberapa korban yang tak berdaya.

1. Tahan nafas

Hal pertama yang dapat kita lakukan saat sedang dalam keadaan marah adalah rilekskan diri dengan mengatur nafas, tahan seberapa kamu mampu.*jangan dipaksakan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan…* Lakukan berulang hingga kamu merasa lebih baik.

2. Pejamkan mata

Setelah melakukan rileksasi pernafasan, langkah berikut yang dapat kamu lakukan adalah coba pejamkan mata sambil membayangkan hal2 yang dapat membuat kamu tenang.

3.Minum air putih

Kenapa? Alasannya adalah air putih terbukti ampuh meredakan marah dan menenangkan hati dibandingkan air aki.

4. Instrofeksi diri

Tanyakan pada diri kita, apa yang sebenarnya membuat kita marah. Jika itu berhubungan dengan seseorang, lebih baik diselesaikan baik2 dan penuh keterbukaan.

5. Tidur

Untuk meredakan otot yang tegang, bila sudah capek marah2 gak jelas, hal yang kemudian aku lakukan adalah tidur, dan menurut pengalaman pribadi dan tanpa rekayasa, tidur terbukti mampu membuat kita setidaknya merasa rileks, masalah dapat terlupakan, dan marah pun menjadi sedikit reda.*Apalagi kalo pas lagi tidur kamu jatuh dan setelah bangun langsung amnesia..*

6. Senyumlah

Setelah semua hal kamu lakukan, langkah sederhana namun mujarab yang dapat kamu lakukan adalah tersenyum seikhlas mungkin *gak bisa senyum 3 jari kaya’ model di cover majalah juga gak masalah..*

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…

C….U…..!!!

3 Tanggapan to “Tips Meredakan Marah”

  1. anung September 10, 2010 pada 1:55 am #

    Tambah satu lagi mbak, yaitu ta’awudz dari setan, marah kan dipengarui setan juga.
    Sulaiman bin Shurad رضي الله عنه, ia berkata:
    Dua orang pemuda saling mencaci di hadapan Rasulullah صلى الله عليه وسلم. lalu mulailah mata salah seorang dari mereka memerah dan urat lehernya membesar. Rasulullah صلى الله عليه وسلم. bersabda: Sesungguhnya aku tahu suatu kalimat yang apabila diucapkan, maka akan hilanglah kemarahan yang didapati yaitu “آعوذ بالله من الشيطان الرجيم (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk)”. (Shahih Muslim No.4725)

    • inuyashaku September 12, 2010 pada 2:17 am #

      Iy,mas….
      thx y msukanny…
      ntr jg mw tlis cara m’redakan marah cara Rasulullah…

  2. afaf abdul hamid Desember 27, 2010 pada 8:58 pm #

    keren..tulisannya ..makasi ia^^

    izin copy ia..buat sebagai pengingat tulisannya..hhe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: